Mengenal dan Memahami Karakter Tinta Sablon

Bookmark and Share
Mengenal dan Memahami Karakter Tinta Sablon  cukup penting terutama bagi kita pemula yang ingin belajar seputar sablon. Untuk itu artikel kali ini aku paparkan dari hasil aku browsing internet, dan berikut kurang lebih isi website yg telah aku kunjungi : Dalam tahapan menyablon kaos sangatlah di perlukan pemahaman tentang karakter tinta sablon demi mendapatkan hasil yang baik. Maka dari itu tetulah kita perlu mengetahui  karakter dan jenis tinta sablon.

Tinta sablon terbagi menjadi 2 jenis, ada tinta sablon yang larut dalam air yang sering biasa kami sebut tinta waterbase dan ada juga tinta yang tidak larut dalam air atau tinta sablon yang berbasis minyak.
  • Tinta sablon larut dalam air (waterbase)
Karakter tinta sablon ini meresap ke dalam serat kain, hasil sablon terasa lebih lembut di bandingkan dengan tinta sablon berbasis minyak, tinta sablon ini sangat baik mencetak warna gelap untuk kain yang warnanya lebih lembut dan ketahanan terhadap kain bisa tahan lama. Selain itu untuk mendapatkan hasil sablon yang baik, merek atau jenis tinta rubber sangat mendukung hasilnya dan kualitas sablon. Sebagian dari kita mungkin biasanya menggunakan tinta rubber matsui, selain kualitasnya yang baik, tinta sablon ini tidak mudah buntu ke screen saat proses penyablonan. Tinta matsui memiliki 3(tiga) karakter yaitu White, Mat(netral), transparan.
Rubber white biasa di gunakan untuk menyablon di kain berwarna gelap, karena tinta sablon ini kental sehingga bisa menutup permukaan kain secara merata. Karena itu tinta ini sering di jadikan sebagai underbase (dasaran) dijadikan sebagai penutup warna kain, sebelum menyablon warna-warna yang inginkan. Rubber white juga bisa di fungsikan untuk mencari warna-warna muda.
Rubber Mat ( Netral) adalah rubber ini netral antara kental dan transparannya seimbang, rubber netral ini baik dalam mencari warna-warna tua. Untuk proses penyablonan tinta ini di kain warna gelap, maka sebaiknya bikin underbase rubber white terlebih dahulu, agar hasil sablon lebih maksimal.
Rubber Transparan karena tinta ini berkarakter transparan tinta sablon ini baik dalam proses penyablonan sparasi ( 4 warna ) CMYK. Untuk di baju warna yang lebih tua sebaiknya di beri underbase rubber white terlebih dahulu. Rubber transparan ini juga biasa di gunakan untuk penambahan campuran dengan posfor, untuk melakukan penyablonan Glow in The Dark.
Rekomendasi yg mungkin bagus untuk merek tinta sablon berkualitas yang berbasis air adalah merek Matsui import dari Jepang.
Mengenal dan Memahami Karakter Tinta Sablon


  • Tinta sablon berbasis minyak
Karakter tinta sablon ini berbasis minyak, salah satu jenis tinta sablon yang berbasis minyak adalah plastisol. Tinta plastisol bisa lebih baik mencetak gambar untuk kain-kain warna gelap dari pada tinta rubber (larut dalam air). Tinta plastisol pun sering sekali di gunakan untuk teknik sablon separasi dan simulation color. Gambar yang di hasilkan akan menyerupai atau persis dengan yang aslinya, efek-efek warna yang di dapat sangat baik. Tinta sablon ini pun sering di gunakan untuk mendapatkan efek-efek gold dan silver yang akan mendapatkan hasil yang sangat baik.
Kelemahan dari tinta plastisol adalah tinta sablon ini tidak kering bila hanya di biarkan saja. Karena itu perlu alat bantu untuk proses pengeringan hasil sablon tinta plastisol agar bisa kering. Alat bantu tersebut bisa berupa hair dryer panas. Untuk mendapatkan hasil pengeringan merata di perlukan suhu 180 derajat Celcius. Tinta plastisol biasanya hanya menempel pada kain dan tidak meresap pada serat kain.
Tinta plastisol biasanya lebih mengarah ke kaos-kaos kelas atas(high class) atau kaos distro karena harga untuk tinta sablon ini harganya lebih mahal dari pada tinta sablon waterbase, dan kaos yang di sablonkan dengan menggunakan tinta sablon ini pun relatif lebih mahal, selain hasilnya yang sangat bagus, ketahanan warna sablonnya pun bisa bertahan betahun-tahun. Kaos yang menggunakan tinta plastisol di sarankan tidak di setrika, karena hasil sablon bisa mengerut. Dari  anda kemungkinan biasanya menggunakan tinta plastisol wilflex.
Rekomendasi yang mungkin bagus untuk merek tinta sablon berkualitas yang berbasis minyak adalah merek Wilflex.


Mengenal dan Memahami Karakter Tinta Sablon


Demikian secuil postingan sablon terkhusus seluk beluk beberapa tinta sablon , bila dirasa artikel diatas ada yang salah maka segera tulis di kotak komentar, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Bahasan halaman ini mengenai Mengenal dan Memahami Karakter Tinta Sablon


Backlink here..

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar