Belajar Mengenal Sablon untuk Pemula

Bookmark and Share
Belajar Mengenal Sablon untuk PemulaFafanSuka akan menampilkan postingan tips dan trik belajar sablon untuk pemula yang kebetulan aku dapatkan dari hasil selancar (browsing) di internet, berikut ulasannya : mari kita Belajar sablon. Sebelumnya tentu kita perlu menyiapkan peralatan. Alat yang terpenting yang harus kita miliki untuk melakukan proses screen printing atau proses sablon adalah Screen dan Rakel. Screen merupakan alat sablon yang akan kita gunakan untuk proses pencetakan gambar/afdrukan, sedangkan rakel adalah alat sablon yang akan kita gunakan untuk meratakan tinta diatas screen yang sudah kita cetak gambarnya. Dengan memiliki alat sablon tersebut kita sudah bisa melakukan proses sablon. Selanjutnya yang kita butuhkan adalah membeli obat afdruk dan tinta.
Ada beberapa karakter tinta sablon yang tidak memungkin untuk melakukan proses sablon satu kali lapisan untuk mendapatkan hasil yang baik. Nah, maka dari itu kita memerlukan alat frame/penepat. Ada banyak jenis alat-alat frame itu sendiri, ada meja frame, ada meja panjang, meja rotary semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, ada yang harganya ekonomis dan ada pula yang harganya sampai belasan, puluhan bahkan ratusan juta.

Belajar Mengenal sablon dalam proses afdruk

Saat proses afdruk yang perlu kita lakukan adalah print film dari gambar yang ingin kita sablonkan. Film sablon bisa kita print melalui beberapa media, contohnya : kertas hvs, kertas kalkir, dan plastik mika. hal yang pertama yang perlu kita lakukan adalah memastikan kondisi screen dalam keadaan bersih. Siapkan adukan obat afdruk, perlu di pahami karakter obat afdruk ini akan mengeras bila terkena sinar/cahaya, jadi di usahakan proses afdruk dilakukan di tempat remang-remang. Karakter obat afdruk ini bermacam-macam tergantung mereknya. Saat kita membeli obat afdruk ditoko alat sablon kita akan mendapatkan obat afdruk berbentuk pasta dan sensitizernya. Hal penting yang harus kita ketahui obat afdruk yang belum di campurkan dengan cairan sensitizer meski terkena cahaya tidak akan mengeras. Jadi pembuatan adukan obat afdruk antara pasta dan sensitizer sangatlah penting, dan perbandingan persentasi antara pasta dan sensitizer tergantung merek dan ketentuan dari merek obat afdruk itu sendiri.
Setelah afdrukan obat afdruk jadi, proses selanjutnya melakukan pengolesan obat afdruk ke screen, bisa menggunakan alat bantu berupa : bekas kartu perdana, penggaris mika, rakel. Saat mengoles afdrukan ke screen, pastikan merata ke bidang screen. Selanjutnya proses pengeringan dengan menggunakan hairdryer. Setelah proses pengeringan selesai selanjutnya kita melakukan proses pengeringan. Untuk melakukan proses pengeringan kita memerlukan meja afdruk atau bisa juga menggunakan bantuan sinar matahari. Penyinaran di lakukan dengan waktu kisaran 5-6 menit tergantung merek obat afdruk dan kuatnya cahaya.

Adapun proses penyinaran dengan menggunakan meja afdruk yang perlu kita perhatikan yaitu urutan posisinya:

  1. sumber cahaya
  2. kaca
  3. film
  4. screen
  5. kertas hitam
  6. busa
  7. papan perata
  8. pemberat
Setelah proses penyinaran selesai maka proses selanjutnya yaitu proses penyemprotan. Siram air ke dua bidang screen depan dan belakang, lalu biarkan sekitar 1 menit dan setelah itu semprot bagian gambar dengan tekanan air sedikit tinggi. Bila hasil afdruk banyak yang hancur di luar gambar, berarti proses adukan antara pasta dan sensitizer kurang sempurna, atau bisa jga proses penyinaran kurang lama, kalau penyemprotan mengalami kendala susah atau keras bisa jadi penyebabnya saat penyinaran terlalu lama. Maka di tuntut kesabaran kita untuk mencoba berulang kali, melakukan eksperimen, sehingga mendapatkan ritme yang baik untuk mendapatkan hasil pencetakan gambar di screen secara sempurna.

Setelah melakukan proses-proses di atas, maka tahap selanjutkan tiriskan screen sampai mengering. Setelah screen tadi mengering olesi obat katalis emulsion bila sablon kaos yang kita kerjakan banyak, bila satuan maka saran juragan agar tidak melakukan proses katalis, karena fungsi dari katalis ini untuk mengeraskan hasil afdrukan.
Belajar sablon, sablon kaos

Saat proses penyablonan hal yang terpenting yang harus kita miliki yaitu tinta sablon, untuk memahami warna sablon apa yang akan kita sablon kan ke bahan kaos nantinya, maka sangat perlu kita mengerti karakter tinta sablon itu sendiri. Juragan akan menjelaskan sedikit untuk pencarian warna tinta sablon rubber.

Sebelum itu maka penting untuk kita memahami karakter tinta sablon itu sendiri.

  1. Rubber white, karakter tinta ini padat, tinta ini biasa di pakai untuk mencari warna-warna muda, seperti : pink, abu2, hijau muda, biru muda, krem, dll. Karakter tinta ini yang sangat padat maka tidak bisa untuk membuat warna tua. Namun tinta ini mempunyai daya tutup kain yang sangat kuat.
  2. Rubber netral, tinta memiliki karakter semi padat, tinta ini sangat efektif untuk mencari warna-warna cerah, seperti oren, merah, kuning, dan bisa juga untuk mencari warna yang pekat seperti: coklat tua, hitam, biru dongker, ungu, dll.
  3. Rubber clear, tinta ini memili karakter yang bening, biasanya tinta ini di pakai untuk proses sablon separasi (CMYK), juga bisa di pakai untuk pengikat serbuk seperti serbuk fosfor untuk proses sablon glow in the dark.
Karakter tinta diatas merupakan karakter tinta rubber matsui, semua merek intinya sama, namun ada beberapa merek tinta sablon yang hanya mengeluarkan rubber white dan clear, maka untuk mendapatkan rubber netral di perlukan gabungan antara 90 persen rubber clear dan 10 persen rubber white.
Belajar sablon, proses penghapusan screen
Screen yang sudah di pakai untuk menyablon sebaiknya langsung kita bersihin, karena bila di biarkan terlalu lama maka saat proses penghapusan screen nanti akan sangat sulit. Adapun proses penghapusan screen juragan biasa menggunakan obat remover dengan merek diasol. Banyak pilihan merek obat remover baik itu berbentuk pasta maupun serbuk atau cairan. Bila proses penghapusan selesai namun masih ada noda membandel yang sulit untuk di hapus dengan obat remover biasa, maka cara ampuh yang juragan sarankan yaitu mengunakan larutan minyak m3 murni. Cara menggunakannya yaitu olesi cairan m3 ke tempat noda yang membandel depan dan belakang screen, biarkan selama satu menit, setelah itu bersihkan dengan menggunakan busa depan belakang. Setelah itu bersihkan screen dengan sabun colek berbusa, semprot dengan air sehingga screen bersih kembali seperti baru.

Sampai diartikel ini semoga anda happy dan inspirasi , apabila artikel diatas salah maka segera isi di kotak komentar dibawah sob, terimakasih anda telah berkunjung ulasan tentang Belajar Mengenal Sablon untuk Pemula



Backlink here..

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar