Jenis Tipe Kain Screen Sablon dan Fungsi

Bookmark and Share
Jenis Tipe Kain Screen Sablon dan Fungsi | Mengenal Macam Ragam Kain Untuk Sablon | Kain Kasa buat menyablon | Nomor screen sesuai media sablon. Fafan kicau mania kali ini membahas seputar Kain Screen Buat Sablon dan Kegunaan Tujuan , artikel ini aku dapat dari hasil surfing browsing internet, berikut ini ulasannya : Screen berfungsi sebagai perantara tinta sablon ke media sablon. Screen sablon terdiri dari rangka (bingkai) dan kain kassa (kain screen). Rangka atau bingkai yang umum atau yang biasa dipakai oleh tukang sablon terbuat  dari kayu, sebaiknya rangka/bingkai terbuat dari bahan yang stabil, tidak mudah susut, kuat ringan, dan tahan terhadap zat kimia. Aluminium sangat baik digunakan untuk screen ukuran besar yang biasa dipakai untuk produksi masal seperti sablon spanduk. Untuk bingkai kayu kita gunakan kayu yang benar-benar kering sehingga tidak mudah susut, kuat dan ringan. Salah satu kayu yang baik diguanakan adalah kayu jati. Kayu ini kuat, tahan terhadap zat kimia.
Jenis Tipe Kain Screen Sablon dan Fungsi

Dibawah ini adalah berbagai macam ukuran screen dan kegunaannya, ukuran screen biasa disebut Thick disingkat T yaitu kerapatan pada anyaman benang-benang screen.

  • Screen  T 48 : Screen kasar ini memiliki lubang pori-pori cukup besar, sehingga mampu menyalurkan tinta dalam jumlah yang cukup banyak dan tebal. Biasa digunakan untuk media handuk, selimut, karpet, karung, aku sendiri biasa menggunakan  48 T untuk blok/dasar pasta rubber putih pada kaos warna gelap.
  • Screen  T 61 : Ukuran ini lubang pori-porinya juga lumayan besar maka baik digunakan untuk sablon pasta rubber/karet pada warna kedua pada kaos, juga biasa dipakai sablon dengan teknik foaming (sablon untuk mendapatkan ketebalan tertentu),  juga baik untuk sablon lem stiker.
  • Screen  T 77 : Digunakan untuk menyablon kaos dengan menggunakan tinta Extender terutama untuk desain yang besar, baik juga digunakan untuk membuat spanduk.
  • Screen  T 90 : Digunakan untuk menyablon kaos dengan tinta Extender terutama untuk desain yang kecil atau desain raster, baik juga digunakan untuk kain tekstil yang bertekstur halus seperti kain saten, peles dan sutera.
  • Screen  T 120 : Digunakan untuk menyablon karton, seng, kayu, kulit, dan kayu. karung plastik (glangsi)
  • Screen  T 150 : Digunakan untuk sablon kertas daya serap tinggi, seperti kertas Hammer, Hawai yang biasa digunakan untuk undangan.
  • Screen  T 165 : Screen ini tergolong screen dengan lubang pori-pori halus, biasa untuk sablon kertas dengan daya serap rendah, baik juga untuk sablon plastik, logam dan kaca.
  • Screen  T 180 : Biasa digunakan untuk mencetak plastik dan bahan-bahan yang bertekstur sangat halus.
  • Screen  T 200 : Biasa digunakan untuk mencetak pada media plastik, kaca dengan teknik raster.
Demikianlah sekilas artikel Fafan yang singkat dan padat, semoga bermanfaat dan apabila ada yang salah pada postingan kali ini, diharapkan segera kritik di kotak komentar sob, terimakasih, saat ini anda memasuki ulasan seputar Jenis Tipe Kain Screen Sablon dan Fungsi


Backlink here..

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar