Variasi Cara Membuat Simbol Copyright di Blog/Website & PC

Bookmark and Share
Variasi Cara Membuat Simbol Copyright di Blog/Website & PC
Variasi Cara Membuat Simbol Copyright di Blog/Website & PC bagi pemula cukup mudah, untuk Membuat Copyright atau yang dimaksud dengan Hak Cipta merupakan hal yang sangat penting (vital) untuk menjaga dan menampilkan sebuah karya atau bisa juga sebagai pemikiran original seseorang. Apa sih Hak Cipta itu ? Hak Cipta adalah milik siapa saja dan tidak harus didaftarkan ke suatu badan atau organisasi tertentu, berbeda dengan :
  • merek dagang (TM) 
  • phonograph (P) ataupun paten
  • registered (R)
Memberikan simbol diatas sudah merupakan suatu indikator dan simbolistik bahwa suatu karya merupakan hak original seseorang dan tidak bisa seenaknya dicopas (copy paste) tanpa ijin.

Simbol Copyright © bisa kita buat tanpa harus menggunakan font khusus atau gambar/icon karena word processor pada komputer maupun browser telah memiliki database tersendiri yang akan muncul jika kita ketikkan kode tertentu, dasar list simbol ini di dalam database umum adalah 0169. Ada beberapa cara dan kode berbeda untuk memunculkan simbol Copyright:

1. Di Keyboard PC (saat membuat dokumen, mis: Word, Excel, PDF, dll)

(Windows):
Tekan Ctrl dan Alt bersamaan, tahan, dan tekan C (Ctrl+Alt+C).
Bisa juga dengan menekan Alt, tahan, dan ketikkan angka 0169 (Alt+0169) (gunakan number pad, di bagian kanan keyboard, bukan yang diatas pad huruf).

(Mac):
Tekan Option dan 'g' secara bersamaan (Option+g)

2. Blog/Web and Programming Sheets

Kode untuk HTML:
Ketikkan © misalnya:

 © 2013 f(n)f ! fido bin fafan

Lalu hasilnya akan menjadi seperti ini:

 © 2013 f(n)f ! fido bin fafan
nb: oh iya, Pastikan mengetikkan kode tersebut melalui editor HTML. Untuk menghindari kesalahan penerjemahan kode, lebih baik gunakan kode unicode-nya: ©

Kode Untuk XML dan Java:
Ketikkan © atau ©

Kode untuk XSL:
Selalu gunakan ©

Kode untuk Textinfo:
Ketikkan @copyright{}
Di dalam info, kode tersebut akan muncul sebagai (C) dan pada hasil print akan muncul sebagai ©.

Kode untuk LaTex:
Gunakan kode \copyright

Demikian Trik singkat beberapa cara penggunaan memunculkan © pada situasi kondisi, dan artikel fafan ini berjudul Variasi Cara Membuat Simbol Copyright di Blog/Website & PC

Backlink here..

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar