Dampak Erupsi Abu Vulkanik Gunung Kelud Sampai di Gresik

Bookmark and Share
Dampak Erupsi Abu Vulkanik Gunung Kelud Sampai di Gresik, Hujan Abu Vulkanik Menghajar kota Otak-otak Pudak Gresik, Fenomena Alam Erupsi Gunung Kelud Hinggap di daerah sekitar Jatim dan Jawa barat. Guyuran Abu vulkanik cukup signifikan. Awas dan Waspada terhadap efek debu abu vulkanik kiriman dari gunung kelud kediri. Cara efektif meredam efek udara berdebu abu vulkanik yaitu dengan masker. Kondisi Kejadian Terkini dan update perlu kita cermati. Daerah yg dekat dengan Gresik yaitu Surabaya Malang Mojokerto Sidoarjo Krian Tuban Bojonegoro Madura Madiun dll.

Gambar Erupsi Abu Vulkanik Gunung Kelud di Kota Gresik Jawa Timur Indonesia.

gambar abu vulkanik gunung kelud di Gresik
gb. Abu Vulkanik pada Daun.

Gambar Abu Vulkanik kiriman dari Gunung Kelud.

gambar abu vulkanik gunung kelud di Gresik
Gb. Daun terkena Abu Vulkanik G.Kelud

Pengertian Erupsi dan Tanda-tanda Terjadinya Erupsi

Erupsi adalah peristiwa keluarnya magma dari dalam bumi. Erupsi dapat dibedakan menjadi dua bagian yakni Erupsi Letusan (Explosive Eruption) dan Erupsi Non-letusan (Non-explosive Eruption). Jenis erupsi yang terjadi dipengaruhi oleh banyak faktor seperti kekentalan magma, kandungan gas di dalam magma, pengaruh air tanah serta kedalaman dapur magma (magma chamber).

Gunung api terbentuk dari magma, yaitu batuan cair yang terdalam di dalam bumi. Magma terbentuk akibat panasnya suhu di dalam interior bumi. Pada kedalaman tertentu, suhu panas ini sangat tinggi sehingga mampu melelehkan batu-batuan di dalam bumi. Saat batuan ini meleleh, dihasilkanlah gas yang kemudian bercampur dengan magma.

Sebagian besar magma terbentuk pada kedalaman 60 hingga 160 km di bawah permukaan bumi. Sebagian lainnya terbentuk pada kedalaman 24 hingga 48 km. Gunung berapi dapat didefinisikan sebagai suatu sistem saluran fluida panas (batuan dalam wujud cair atau lava) yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi, termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan pada saat dia meletus yang mengakibatkan terjadinya Erupsi.

Tahun Terparah Kejadian Gunung Kelud Meletus

Letusan pertama terjadi pada 1000. Setelah itu, Gunung Kelud kembali meletus pada 1901.

"Pada 1901, material yang dikeluarkan itu sekira 200 juta meter kubik," kata Kepala Bidang Mitigasi Bencana, Gempa Bumi, dan Gerakan Tanah PVMBG, Gede Suantika, Kamis (13/2/2014).

Letusan berikutnya pada tahun 1919 dan terparah sepanjang sejarah letusan Gunung Kelud. "Material letusan yang dilemparkan sekira 284 juta meter kubik. Korban meninggal ada 5.160 orang," ungkapnya.

Dampak letusan Gunung Kelud 

pada Kamis (13/2/2014) malam pukul 22.50 WIB masih dirasakan hingga Soloraya. Di Solo dan sekitarnya, hujan abu turun pada Jumat (14/2/2014) pagi.
hujan abu mulai turun sejak pukul 04.00 WIB. Hujan abu yang cukup pekat tersebut membuat jalanan tertutup abu vulkanik tebal. Atap-atap rumah dan bangunan juga tertutup abu.

Seperti diketahui, letusan Gunung Kelud semalam memang menyemburkan material vulkanik ke arah barat daya. Artinya jika terbawa angin, material tersebut memang sangat mungkin sampai ke wilayah Jawa Tengah, termasuk Solo.

Soloraya dan bebeberapa daerah lain di Jawa Tengah bagian timur ikut merasakan getaran letusan Gunung Kelud. Getaran itu membuat kaca dan pintu bangunan bergetar keras hanya bebeberapa saat setelah letusan terjadi. Dilaporkan getaran yang sama juga dirasakan warga di daerah Kudus, DIY, dan sekitarnya.

Material abu dan kerikil yang bisa dirasakan warga di Malang, Kediri, dan Blitar saat letusan. Sementara itu, dari seputaran pusat letusan, erupsi Gunung Kelud dilaporkan menimbulkan hujan pasir dan kerikil

Video Erupsi Abu Vulkanik Gunung Kelud Sampai di Gresik

lokasi video di rumah www.fafansuka.blogspot.com

Semoga Kita semua di beri kesabaran menghadapi gejolak alam ini, dan semoga setelah begitu banyak cobaan dan ujian yang mendera Indonesia secara bertubi-tubi di tahun pilpres ini menghasilkan seorang pemimpin yang sangat Adil dan Perhatian Penuh terhadap Rakyat Indonesia. Amin ya robbal alamin.

Postingan informasi artikel ini seputar Dampak Erupsi Abu Vulkanik Gunung Kelud Sampai di Gresik


Backlink here..

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar