Cara Menggunakan Webmaster Tools

Bookmark and Share
Cara Menggunakan Webmaster Tools
Cara Menggunakan Webmaster Tools cukup mudah, Webmaster Tools ini alat yang disediakan sama Google secara gratis untuk kita pemilik blog atau situs. Fungsi utamanya adalah untuk mengetahui laporan lengkap tentang blog atau situs kita. Mulai dari jumlah penayangan blog sampai masalah error yang terjadi di blog kita gan. Webmaster tools ini kadangkala dilupakan oleh sebagian Blogger karena mungkin menganggap tools ini gak ada gunannya. Padahal peran tools ini lebih dari semua tools yang ada buat optimasi SEO. Untuk pemula mungkin akan sedikit kebingungan menggunakan Webmaster Tools ini, sama seperti aku ^_^

Saat anda Sudah daftar di Webmaster Tools sekarang kita cari tau cara menggunakannya gan. Di halaman awal Webmaster Tools anda pilih blog yang mau dikelola, diklik aja URLnya gan. Setelah masuk  anda bakal lihat halaman Dasboard awal dari Webmaster Tools. Disana ada status pesan Baru dan Penting serta Status Saat Ini, gak usah kaget kalau Kueri Penelusuran sama Peta Situs masih kosong karena kamu baru mendaftar gan. apakah sampai disini anda semakin penasaran ? ok, artikel fafan lanjut hahaha..., jadi simak aja bro.

Lanjut disisi kiri Webmaster Tools loe bakal nemuin banyak tab gan. Dibalik tab-tab tersebut loe bakal nemuin banyak Tool yang bisa digunakan gan.  Info yang penting-penting saja dan yang bakal sering kamu pakai biar gak terlalu panjang postingan ini :D , simak sob.

1. Konfigurasi > Setelan >> Disini loe bisa ngerubah Target Geografis tinggal pilih aja negara yang jadi target blog loe gan.

2. Kesehatan > Ambil Sebagai Google >> Fungsi tools ini untuk proses pengindekan URL postingan lama atau pun baru gan. Bisa juga digunakan untuk memaksa Google agar cepat mengindex URL postingan lama yang baru di update. Caranya tinggal nambahin URL postingan ke kolom yang udah disediain lalu klik Ambil. Tunggu beberapa detik kalau berhasil tinggal klik Kirimkan ke index gan. Setelah itu loe submit URLnya ke Google melalui alamat ini https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url gan.

3. Pengoptimalan > Peta Situs >> Ini alat yang sangat penting agar Googlebot bisa merayapi setiap halaman blog loe dengan baik gan. Cara nambahinnya tinggal klik tombol TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS, lalu ketikan sitemap.xml ke dalam kotak kosongnya dan klik Mengirim Peta Situs gan. Beres tinggal ditunggu aja hasilnya, untuk berapa lama sitemap ini terindex tergantung dari kondisi kesehatan blog dan aktivitas update postingan di blog gan.

4. Pengoptimalan > Hapus URL >> Tools yang bisa digunakan untuk menghapus URL postingan kita dari pencarian Google gan. Tinggal masukin aja URL postingan yang mau dihapus dari pencarian Google. Sebelum menghapus URL loe harus baca aturannya dulu di https://support.google.com/webmasters/bin/answer.py?hl=en&answer=59819 gan.

Itulah tools penting yang akan sering kalian gunakan di Google Webmaster Tools gan. Masih ada juga beberapa tools penting yang fungsinya untuk menganalisa blog kamu. untuk lebih jelasnya ada beberapa hal saja ya.. sebagai berikut sob :

1. Kesehatan > Kesalahan Perayapan >> Disini loe bakal nemuin URL-URL di blog loe yang rusak atau tidak ditemukan gan. Kalau Google nemuin kesalahan perayapan, loe tinggal centang URLnya lalu klik TANDAI SEBAGAI TELAH DIPERBAIKI gan. Agar kedepanya Google gak ngindex lagi URL yang rusak tersebut.

2. Lalu Lintas > Kueri Penelusuran >> Disini bakal ditampilin grafik lengkap penelusuran blog loe di Google gan. Jadi loe bakal tau berapa jumlah kueri, penayang dan klik blog loe. Juga loe bisa menganalisa kata kunci apa aja yang paling banyak penayanganya sama posisi rata-rata di pencarian gan.

3. Lalu Lintas > Tautan ke Situs >> Disini loe bisa tau berapa jumlah backlink blog loe yang dihitung sama Google gan. Dan juga loe bakal tau dari mana aja asal backlink tersebut. Kalau gak salah Google ngupdate data backlink ini setiap hari Selasa gan.

Dirasa itu aja yang perlu diperhatikan dalam menggunakan Webmaster Tools untuk pemula gan. Untuk fitur-fitur yang lainnya loe silahkan dicoba-coba sendiri dan  yakinlah seiring waktu anda bakal lebih mengerti gan. Semoga postingan tentang cara menggunakan Webmaster Tools untuk pemula ini berguna.


Backlink here..

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar